LOGO ATAS 1

 

Atribut BGColor di Tag Marquee

Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, mulai hari Kamis, 26 Maret 2020, Jam Pelayanan Pengadilan Agama Wonosari dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan. Demikian mohon maklum dan terimakasih -

Written by Amalia Handoko on . Hits: 116

Keterbukaan Informasi Menjadi Fokus Rapat Monev TI

pa-wonosari.go.id | Senin (29/03/21)

Ketua PA Wonosari menyampaikan pentingnya keterbukaan informasi publik dalam rapat monitoring dan evaluasi (monev) penggunaan tehnologi informasi Pengadilan Agama Wonosari, di Ruang Media Center, hari Senin (29/03).

"Website merupakan jendela instansi karena masyarakat sering menilai baik atau buruknya kinerja satker melalui informasi yang diperoleh dari website," ungkap Ketua PA Wonosari, Rogaiyah, S.Ag., selaku Penasehat Tim TI saat membuka kegiatan monev tersebut. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua PA Wonosari ini dihadiri seluruh tim TI, Panitera, dan Sekretaris PA Wonosari. Terkait hal tersebut, Ketua menghimbau agar website dapat menyajikan data-data yang terjaga kebaruannya sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Keterbukaan informasi ini juga menjadi fokus Ketua PA Wonosari dalam implementasi aplikasi-aplikasi lain pendukung tugas pokok PA Wonosari.

Ketua PA Wonosari memberikan arahan

Ketua PA Wonosari juga menyampaikan bahwa untuk seluruh kegiatan perlu adanya evaluasi dan monitoring secara berkala. Dan terkait dengan penggunaan TI menjadi salah satu Indikator yang perlu diperbaiki sesuai dengan bimbingan Badan Pengawasan MA dan perlu diagendakan tiga bulan sekali.

Kepala Subbagian Perencanaan, TI, dan Pelaporan, M. Arief Jauhari, S.A.P., selaku kordinator website melaporkan bahwa capaian kinerja website di penghujung tahun 2020 adalah mengikuti assessment keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Provinsi DIY dan meraih juara ketiga dalam hal keterbukaan infomasi publik se-Daerah Istimewa Yogyakarta dalam bidang yudikatif. Dalam penilaian tersebut, Komisi Informasi Provinsi DIY juga memberikan penilaian PA Wonosari kategori Menuju Informatif dalam hal keterbukaan informasi.

Ia menambahkan bahwa capaian yang diraih tersebut bukanlah merupakan penilaian terhadap hasil kinerja pengelolaan website semata, namun merupakan kontribusi bersama dalam pengelolaan informasi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan penilaian terhadap komitmen pimpinan dalam hal keterbukaan informasi publik.

Arief juga menyampaikan capaian terbaru pengelolaan website di tahun 2021 sebagai juara pertama pengelolaan website pengadilan agama dalam wilayah PTA Yogyakarta yang diberikan oleh PTA Yogyakarta dalam acara rapat kerja daerah (rakerda) PA se-DIY. Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan himbauan Ketua PTA Yogyakarta dalam kegiatan rakerda tersebut agar implementasi program kerja PA se-DIY hendaknya berorientasi dalam menyukseskan keberhasilan pembangunan zona integritas termasuk dalam hal pengelolaan tehnologi informasi pada satker masing-masing.

Selain website, pemanfaatan TI yang menjadi pokok bahasan dalam rapat adalah terkait implementasi SIPP dan E-Court, Komdanas, SAIBA, SIMAK, SAKTI, serta SIWAS dimana masing-masing koordinator menyampaikan permasalahannya masing-masing.


Selain aplikasi SIPP, Komdanas dan aplikasi lain pada kepaniteraan dan kesekretariatan, beberapa aplikasi lain yang menjadi perhatian adalah e-LLK pada SIMARI Mahkamah Agung dan E-SMART yang merupakan aplikasi terkait persuratan yang mendukung pengisian disposisi secara elektronik.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Subbagian Umum dan Keuangan, M. Dikyah Salaby Ma'arif, S.E.I., M.S.I., M.B.A. mensosialisasikan sendiri aplikasi surat-menyurat ini dari tahap penerimaan surat oleh petugas di bagian umum, penyampaian disposisi hingga pada pengolahan surat pada unit pengolah. Terkait aplikasi e-SMART ini disepakati digunakan mulai bulan April 2021.

Tak ketinggalan, Panitera Muda Hukum PA Wonosari, Khoiril Basyar, S.H., selaku penyedia data di bidang laporan perkara menyampaikan bahwa terkait dalam laporan adanya permintaan data dari instansi luar atau mahasiswa terkait penelitian dapat diambilkan dari e-Laporan dan aplikasi Kinsatker. Namun sebagai pengelola, ia menyampaikan bahwa input data yang tersaji masih belum tersedia secara lengkap untuk mengakomodasi permintaan data yang spesifik sehingga ia mengharapkan adanya penambahan menu baru untuk melengkapi kekurangan penyediaan informasi yang lebih lengkap.

Menutup kegiatan rapat ini, Ketua PA Wonosari juga menyampaikan arahan terkait optimalisasi pengelolaan media sosial agar dapat menyebarluaskan informasi yang menjangkau masyarakat, membangun interaksi dengan masyarakat, dan menyosialisasikan strategi dan tujuan program PA Wonosari.

(editor:.A.J)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Wonosari 

Jalan KRT Judoningrat, Siraman, Wonosari, Gunung Kidul

Telp: 0274-391325 

Fax: 0274-392802

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

h

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE